Ternyata Cincao HITAM Bisa Buat Obat Kanker, Penelitian Mahasiswi Unair Surabaya

Siapa yang tidak tau Es cincau, Harganya murah dan sangat terjangkau untuk semua kalangan. Disamping itu buat obat kanker bisa loh…

Kalian pasti banyak suka mengkonsumsi cincau hitam, apalagi untuk berbuka puasa , di kasih es sungguh menyegarkan. Cincau hitam atau cao (Mesona Palustris BL) ternyata tidak hanya menyegarkan tetapi juga mempunyai kandungan alami untuk mengobati kanker.

Hal tersebut berdasarkan penelitian dari mahasiswa S3 Fakultas Farmasi Universitas Airlangga Surabaya yakni Ibu Tri Dewanti Widyaningsih.

Menurut beliau Cincau dimanfaatkan sebagai minuman tradisional yang berkhasiat sebagai obat hipertensi , diabetes, penurun panas , sakit perut dan diare. diberbagai negara antara lain: Tiongkok , Taiwan , Korea , Jepang, Singapura dan Malaysa. Namun selama ini untuk kanker belum pernah dilakukan penelitiannya.

Air cincau tersebut direbus sehingga diperoleh ekstrak yang berwarna hitam, ekstrak air tersebut mengandung senyawa fenol 17,3% , steroid 0,23% , flavoidn1,34% dan asam kafeat 50,14 ppm.

Senyawa-senyawa tersebut merupakan senyawa bioaktif yang berfungsi untuk anti oksidan. Ekstrak air cincau hitam bersifat imunomudolator yaitu dapat menigkatkan sistem daya tahan tubuh dalam keadaan sehat maupun sakit.

Selain itu ekstrak cincau juga bersifat kemopreventif terhadap proses karsinogenesis yang mampu mencegah dan menghambat pertumbuhan kanker dengan sistem imun.

Adapun cara membuat ekstrak cincau hitam yaitu Daun cincau hitam kering direbus dengan air , dengan perbandingan 1:20 artinya 1gram daun cincau hitam kering harus direbus dengan air sebanyak 20 mililiter.



Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Cincao HITAM Bisa Buat Obat Kanker, Penelitian Mahasiswi Unair Surabaya