Terkuak! Mengapa Lintasan Kereta Berisi Banyak Batu Kerikil!!!!

Tolongshareya – Sahabat tolongshare Jika anda perhatikan, selain lempengan besi tebal yang melintang sepanjang jalur, pada rel kereta api juga terdapat batu kerikil yang terhampar di sepanjang rel. Baik disebelah kanan rel, samping kiri rel, bahkan disela-sela rel kereta api. Namun tahukah anda apa tujuan dan fungsi utama dari batu kerikil tersebut?



Ternyata batu kerikil itu bukan sekadar ditumpuk untuk mengisi rel kereta api. Ada banyak fungsi kenapa batu kerikil itu harus ada. Paling tidak ada fungsi utama, yaitu:

Nah, batu tersebut ada karena suatu alasan. Penasaran alasan mengapa lintasan kereta menggunakan banyak batu? Simak selengkapnya, seperti yang dilansir boldsky.

1. Batu-batu di bawah lintasan itu disebut ballast. Keberadaannya adalah merupakan sesuatu yang benar-benar penting bagi berfungsinya kereta. Berfungsi sebagai pemberat atau penyeimbang agar lintasan kereta api selalu berfungsi dengan semestinya. Meski terlihat sepele, keberadaan batu-batu kerikil sebagai ballast ini sangatlah penting.

2. Batu-batu itu digunakan sebagai bahan untuk memberikan stabilitas pada kereta. Batu-batu kerikil ini digunakan sebagai material khusus penopang stabilitas antara kendaraan dan struktur rel kereta api itu sendiri. Seperti halnya keberadaan vital bantalan balok kayu di bawah rel besi yang berguna untuk menahan kedua jalur besi agar tidak goyah atau bergeser. Tentu saja ada rumus teknik tertentu untuk menghitung jarak antar kayu agar rel terbentuk dengan kuat dan kokoh.

3. Batu-batu yang digunakan selalu berbentuk tajam agar mencegah balok kayu bergeser --elemen lain yang selalu ada di dalam lintasan kereta. Ini adalah salah satu alasan mengapa ada batu tajam di rel kereta api.

4. Batu ini juga bisa untuk menambah ketinggian. Nah, batu-batu ini membantu untuk meningkatkan tinggi tanah dan mencegah rel dari air yang mengalir.
5. Batu membantu untuk mencegah pertumbuhan gulma dan jenis vegetasi yang bisa memblokir fungsi rel.

Semoga bermanfaat.




 Sumber:Kampungbaca

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Terkuak! Mengapa Lintasan Kereta Berisi Banyak Batu Kerikil!!!!