Inilah Dahsyatnya Puasa Senin Kamis

Tolong Share - Puasa secara bahasa ialah menahan dari sesuatu. Adapun secara istilah syar’i ialah menahan diri dari makan, minum, dan dari segala pembatal puasa yang disertai dengan niat dari mulai terbitnya fajar shadiq hingga terbenamnya matahari.



 Keutamaan berpuasa dapat kita lihat dari hadits Abu Sa'id Al-Khudri RA berkata,"aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, 'barang yang berpuasa 1 hari dijalan Allah, maka Allah akan menjauhkan wajahnya dari neraka sejauh jarak 70 musim'"(HR.Bukhari)

Selain itu terdapat juga hadist qudsi dari Abu Hurairah RA berkata, "Rasulullah SAW bersabda, 'Allah berfirman, setiap amalan anak adam itu untuknya, kecuali puasa. karena, puasa itu untuk-Ku dan Aku sendri yang akan memberi balasannya" (HR. Bukhari).

Dari kedua hadits dapat kita lihat bahwa puasa dapat menjauhkan kita dari api neraka dan amalan puasa tersebut langsung diberikan oleh Allah kepada hambanya yang melakukan dengan hal itu seharusnya kita sebagai umat muslim seharusnya rajin berpuasa.

Dalam Islam juga disunnahkan puasa senin kamis. Ada apa dengan hari itu sehingga dianjurkan puasa pada hari itu setiap minggunya? Hal ini dapat dilihat dari hadits berikut:

Dari Abu Hurairah ia berkata, "Bahwasanya Rasulullah SAW adalah orang yang paling banyak berpuasa pada hari Senin dan Kamis. Ketika ditanya tentang alasannya, Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya segala amal perbuatan dipersembahkan pada hari Senin dan Kamis, maka Allah akan mengampuni dosa setiap orang muslim atau setiap orang mukmin, kecuali dua orang yang bermusuhan. Maka Allah berfirman, Tangguhkan keduanya.'" (HR. Ahmad).

"Segala amal perbuatan manusia pada hari Senin dan Kamis akan diperiksa oleh malaikat, karena itu aku senang ketika amal perbuatanku diperiksa aku dalam kondisi berpuasa." (HR. Tirmidzi).

Dari hadits dua diatas dapat kita lihat keutamaan hari senin dan kamis. Untuk itu kita dianjurkan berpuasa pada hari itu untuk mengharap ampunan dosa dari Allah SWT dengan cara berpuasa sebagaimana keutamaan dari puasa itu sendiri yang Allah SWT sendiri yang akan membalas amalan dari ibadah puasa kita. Wallahua'lam

Baca Juga : Doa Nabi Muhammad Sembuhkan Bagian Tubuh yang Sakit



Sumber : ummatmuslim.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Inilah Dahsyatnya Puasa Senin Kamis