Apakah Suami Istri Kembali Bersatu Di Surga Kelak? Inilah Jawabannya

Tolong Share – Terkadang kita pernah terlintas fikiran apakah suami istri akan kembali bersatu di akhirat kelak?. Pertanyaan ini juga muncul di anggota famili yang merasa takut tidak akan bertemu keluarganya lagi di akhirat. Rasa takut akan berpisah asal keluarga menghasilkan beberapa orang ingin berkumpul menggunakan keluarganya pada akhirat kelak, yakni pada nirwana. Kemudian apakah bisa mereka masih manunggal lagi pada akhirat?


Seorang istri kelak akan bersatu kembali bersama suaminya di surga nanti, terlebih mereka akan berkumpul dengan anak cucu dan keturunannya selagi keluarganya beragama Islam. Sebuah dalil menjelaskan bahwa Allah akan mempertemukan anak cucu dengan orang tertuanya di dalam surga kelak.


Doa malaikat juga mencerminkan hal ini, yakni dengan penjelasan bahwa umat muslim akan dimasukkan ke dalam surga ‘Adn bersama orang shaleh di antara nenek moyang, istri-istri, suami-suami, anak keturunannya.


Ibnu Katsir menjelaskan bahwa Allah akan mempersatukan umat muslim dengan anak keturunannya untuk menyejukkan pandangan karena kedudukan yang saling berdekatan. Seperti dalam kehidupan dunia ini, pasti kita akan merasa nyaman jika berada di dekat keluarga.

Allah akan menyamakan kedudukan mereka agar tenang. Apabila terdapat di antara mereka yang memiliki kebajikan lebih tinggi, maka Allah tidak akan mengurangi kedudukannya hingga setara melainkan Allah akan meninggikan kedudukan orang lain agar bisa setara. Sungguh besar karunia Allah dan kenikmatan-Nya pada kita.

Ketika seorang hamba masuk ke dalam surga , ia bertanya dimanakah bapaknya, ibunya, suami atau istrinya, anak dan  cucunya. Kemudian dijawablah bahwa keluarganya itu tak memiliki kebajikan yang setara dengan hamba tersebut sehingga mereka berada di tempat yg tidak sama. Hamba itu lalu menjawab bahwa kebajikan yang beliau miliki adalah untuknya serta keluarganya maka dipertemukanlah ia menggunakan keluarganya menggunakan kedudukan yg setara.
Pembahasan apakah suami istri kembali bersatu pada nirwana kelak menunjukkan bahwa sahih Jika seseorang istri berkumpul pulang dengan suami serta keluarganya di surga . Meskipun demikian, ada pendapat lain yg mengatakan Bila seorang hamba yang dimasukkan ke dalam nirwana maka iri hati serta dengki akan dihapuskan di dalam hatinya sebagai akibatnya mereka memilih buat berpisah daripada manunggal lagi menggunakan keluarganya.
Pendapat ketiga mengatakan bahwa bila seorang perempuan   belum menikah semasa hidupnya, maka Allah akan memberikan laki-laki  terbaik menjadi jodohnya di dalam surga , begitu pula dengan laki-laki  yang belum pernah menikah. Semua itu artinya kenikmatan yg diberikan sang Allah di para penghuni nirwana sebagai akibatnya tidak ada seorang hamba pun yg lajang pada pada surga . Inilah maksud asal suami serta istri akan berkumpul balik .

Selama hidup, pastilah seluruh orang tak ingin berpisah dengan keluarganya. Tinggal beserta keluarga akan memberikan ketenangan pada menjalani kehidupan sehari-hari. Ketakutan besar  bagi seorang untuk berpisah asal orang tersayangnya. Tetapi, apa daya Bila Allah sudah berkehendak buat memisahkan hambanya dari hamba lain.

Sebagai seorang hamba, kita harus percaya bahwa takdir Allah lebih baik daripada sekedar kehendak kita karena Allah mengetahui apa yang tidak kita ketahui. Manunggal atau tidaknya kita menggunakan famili pada hari kelak tidak lebih penting berasal bersatunya kita dengan Rasulullah SAW menjadi umatnya. Tetapi, tidak ada salahnya Jika kita memohon dan  berdoa pada Allah buat menyatukan keluarga dalam ridho Allah. Tidak ada yg tidak mungkin Bila Allah berkehendak. Demikianlah jawaban atas pertanyaan apakah suami istri pulang bersatu di surga  kelak.

Sumber: http://kajianiislami.blogspot.co.id/


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Apakah Suami Istri Kembali Bersatu Di Surga Kelak? Inilah Jawabannya