Keutamaan, dan Fadhilah Surat Yasin

Tolong Share - Salah satu tradisi yang dilakukan kebanyakan orang setiap malam jum'at yaitu membaca Surat Yasin. Biasanya Surat Yaasiin ini dibaca setelah selesai sholat magrib, baik secara berjama'ah di masjid dan/atau di mushola maupun dibaca sendirian saat di rumah. Selain itu, Surat Yasin juga selalu dibaca ketika ada seseorang yang meninggal dunia. Dari beberapa pengamalan surat yasin tersebut tentu ada fadhilah, dan keutamaan surat yasin yang sangat luar biasa.



Surat Yasin termasuk surat Makkiyah yang agung. Bilangan ayatnya ada 83 ayat. Ayat-ayatnya pendek dan sangat mengena di hati orang mukmin. Beberapa isi kandungan Surat Yasin antara lain; Kandungan Keimanan, yaitu; Keimanan akan Allah dengan mensucikannya dengan sifat-sifatnya, Keimanan akan Alqur’an yang merupakan ilmu, kekuasaan dan rahmat Allah, keimanan akan surga dan sifat-sipatnya, keimanan akan hari akhir. Kandungan Kisah-Kisah, yaitu; Kisah utusan-utusan nabi isa a.s dengan penduduk anthakiyah. Salah satu ayatnya menjelaskan adanya bukti ilmu pengetahuan Astronomi: semua bintang di cakrawala berjalan pada garis edarnya.

Adapun beberapa diantara Keutamaan, dan Fadhilah Surat Yasin akan kami paparkan dibawah ini, sebagaimana kami rangkum dari berbagai sumber. 


Disebutkan di QS. 36: 21 bahwa orang-orang yang mulai hidup dalam kegelapan rohani karena meninggalkan Al-Qur’an dan juga mereka yang malah menuruti hawa nafsu serta kemauan dari orang-orang yang dianggap ulama akan diberikan pencerahan. Inilah manfaat dari membaca surat yasin yang akan memberi pencerahan dan memotivasi kita untuk kembali dan menjalankan hidup yang benar di jalan Allah
.
1.      Untuk orang baik yang meninggal dunia, ketika surat yasin dibacakan di depannya maka hal ini akan membuat rohnya mendapat ketenangan di alam kubur.
2.      Untuk jenazah di dalam kubur, ketika dibacakan surat Yasin maka siksanya akan diringankan.
3.      Perlindungan dari Allah akan datang bagi kita dari malam hingga pagi menjadi salah satu rahasia hikmah dan kelebihan membaca surat Yasin ketika malam hari.
4.      Untuk suatu kaum yang sedang sakit atau terkena malapetaka, waktu dibacakan Yasin maka akan lepas dari malapetaka, wabah dan penyakit.
5.      Perlindungan dari Allah akan datang bagi kita dari pagi hingga sore kalau kita membaca surat Yasin di pagi hari.
6.      Untuk kita yang punya hajat, membaca Yasin membuat hajat kita dikabulkan oleh Allah.
7.      Untuk orang yang sedang sedih dan susah, manfaat membaca surat Yasin ini akan membuat kesedihan kita dihilangkan oleh Allah.
8.      Bagi orang yang sedang merasa lapar lalu membaca surat Yasin, jangan heran karena mereka akan dikenyangkan oleh Allah.
Keimanan terkandung di dalam surat Yasin dan untuk itulah baik umat Islam yang sakit, yang tengah bersedih, yang lapar, dan bahkan yang meminta perlindungan, Allah akan turun tangan untuk menyembuhkan, menghilangkan kesedihan, mengenyangkan, dan melindungi kita. Selain dari membaca Yasin, ada juga manfaat yang akan didapat hanya dengan menulisnya dan meleburnya dengan air lalu meminumnya, maka ini sama dengan kita telah minum banyak obat.

Fadhilah Surat Yaasiin (Yasin)

·                     Dibacakan pada orang sakaratul maut maka akan memepermudah keluarnya ruh.
·                     Membaca Surah Yasin = Membaca Alqur’an 10 kali.
·                     Dapat memberi syafaat bagi pembacanya.
·                     Dimudahkan hajatnya.
·                     Meringankan siksa kubur.
·                     Menolak kejahatan.
·                     Di baca pada malam jum’at mendapatkan ampunan.
·                     Jika belum menikah akan dapat jodoh.
·                     Jika ketakutan, Allah akan menghilangkan rasa takutnya itu.
·                     Jika dipenjara, Niscaya akan bebas.
·                     Orang tersesat akan mendapat jalan lagi.
·                     Orang haus akan hilang hausnya.
·                     Orang sakit akan hilang sakitnya.


Itulah beberapa Fadhilah dan Keutamaan serta hikmah yang sangat luar biasa. Dengan kita mengatahui, maka jangan sungkan-sungkan lagi untuk selalu membaca dan/atau mengamalkan Surat Yasin secara rutin setiap malam, atau minimal setiap malam jum'at. Sekarang kita tahu betul apa manfaat dan keutamaan membaca surat Yasin.

 sumber : http://www.kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Keutamaan, dan Fadhilah Surat Yasin