Inilah 8 Ciri Manusia Terbaik Menurut Rosulullah SAW

Tolong share – Sabahat tolong share, Setiap orang mempunyai pendapat atau acuan masing-masing mengenai siapakah orang yang sukses dan terbaik, karena dalam berbagai sudut pandang setiap orang mempunyai kelebihan sendiri-sendiri. Apabila kita lihat dalam bidang bisnis maka orang yang sukses adalah orang yang terkaya. Sedangkan untuk bidang pendidikan, orang yang sukses bisa dilihat dari tingkat pendidikannya. Hal inilah yang membuat setiap orang mempunyai perspektif yang berbeda dalam melihat orang sukses. Bisa jadi orang yang sukses dilihat dari keadaan internalnya atau eksternalnya.



Rasulullah adalah manusia yang paling mulia karena setiap perilaku dan sikapnya sesuai dengan ajaran Allah. Namun, mulianya Nabi tak menghalangi beliau untuk memiliki orang lain yang dianggapnya mulia.

Dalam penilaian ini haruslah kita berpikir atau menilai dengan objektif. Oleh karena itu, terdapat indikator yang harus dipenuhi oleh orang yang sukses agar penilaian bisa secara objektif. Berikut ini adalah 8 indikator yang menjadi syarat seseorang dikatakan sebagai manusia paling baik menurut Rasulullah SAW. Berikut ini kami ulasankan

Yang pertama, Tidak ingkar dalam melunasi hutang
Apabila kita memiliki hutang pada orang lain maupun Allah, maka kita berkewajiban untuk membayarnya. Itu adalah kewajiban orang yang berhutang. Dalam sebuah hadits dijelaskan jika orang yang terbaik adalah orang yang membayar hutang.

Yang Kedua, Belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya
Terdapat banyak ajaran baik perintah atau larangan yang ada di dalam Islam. Oleh karena itu, menuntut ilmu adalah kewajiban bagi umat manusia agar mengetahui mana yang salah dan mana yang benar. Selain itu, dengan ilmu maka kita tidak akan mudah terjerumus pada keburukan dan maksiat. Terlebih jika kita tidak hanya menuntut ilmu tapi juga mengajarkannya pada orang lain maka kita akan jadi manusia terbaik di dunia.

Yang Ketiga, Kebaikannya agar terhindar dari keburukan
Sebuah hadits berisi jika orang yang paling baik yaitu orang yang diharapkan kebaikannya.

Yang Keempat, Menjadi suami terbaik untuk keluarga
Seperti yang kita tahu jika Rasulullah adalah seorang suami yang memiliki istri lebih dari satu. Meskipun demikian, beliau mampu berlaku adil dan melakukan kewajiban sebagaimana mestinya. Jadi, orang yang terbaik adalah seorang suami yang baik pada keluarganya. Inilah orang terbaik menurut Rasulullah.

Yang Kelima, Memiliki akhlaq baik dan berilmu
Allah tidak pernah membeda-bedakan setiap umatnya dari kedudukan ataupun kekayaannya karena semua itu adalah pemberian dari Allah. Dia melihat seorang hamba dari seberapa baik akhlaqnya. Orang yang paling baik adalah orang yang berilmu dan memiliki akhlaq baik.

Yang Keenam, Yang memberikan makanan
Makanan adalah kebutuhan pokok yang harus terpenuhi bagi setiap makhluk hidup, terutama manusia. Namun, tak semua orang beruntung memiliki makanan. Terdapat beberapa orang yang tidak memiliki uang untuk membeli makanan sehingga mereka harus berpuasa hingga berhari-hari. Apabila kita memiliki uang atau makanan yang lebih sebaiknya memberikan makanan kepada orang tersebut karena ini adalah orang yang terbaik.

Yang Ketujuh, Yang baik perbuatannya dan panjang usianya
Setiap orang memiliki usia meninggalnya masing-masing. Apabila seseorang hidup lama dan ia melakukan banyak perbuatan dosa maka sesungguhnya ia telah merugi. Sedangkan, jika Allah memberinya umur panjang dan ia berbuat baik maka ia termasuk orang paling baik.

Yang Kedelapan, Memberikan manfaat bagi sekitarnya
Kriteria ini jelas harus ada pada orang terbaik. Apa gunanya jika kita memiliki ilmu banyak, kemampuan tinggi dan prestasi yang hebat tapi tidak bisa memberikan manfaat untuk orang-orang sekitar. Sesungguhnya orang yang dapat bermanfaat adalah orang yang terbaik.

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi sahabat pembaca tolong share yang dimuliakan oleh Allah SWT, dan semoga menjadi manusia yang terbaik Di MATA ALLAH SWT.


Sumber : kumpulanmisteri.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 8 Ciri Manusia Terbaik Menurut Rosulullah SAW