Kok Ada Ya Hewan Yang Bernafas Menggunakan Pantatnya, Intip Yuk Hewan Apakah Itu


Tolong Share -  Nyaris semua makhluk hidup di Bumi ini membutuhkan proses yang namanya 'pernapasan' untuk bisa bertahan hidup. Proses menghirup oksigen dan mengeluarkan karbondioksida dari paru-paru ini dilakukan lewat dua lubang utama, mulut dan hidung. Namun, tahu kah Anda bila ada hewan di luar sana yang bernapas menggunakan pantatnya?




Terdengar aneh dan tidak lazim memang, namun hewan-hewan unik ini memanfaatkan lubang anus merak untuk mengisap oksigen. Bahkan, salah satu dari hewan ini biasanya tinggal sangat dengan manusia. Hewan apa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Teripang
Timun laut (Holothurian) atau di Indonesia lebih dikenal dengan teripang adalah hewan pertama yang bernapas dengan pantatnya. Teripang mempunyai cabang saluran pernapasan dan kantung paru-paru yang ada di dalam anusnya.



Saat bernapas, teripang akan menyedot air ke dalam anus agar bisa masuk ke kantung paru-paru. Di dalam kantung itu, si teripang akan menyaring udara yang terkandung dalam air. Terakhir, air yang sudah diisap oksigennya akan dilontarkan keluar.

Menariknya, di dalam anus si teripang biasanya hidup ikan jenis pearlfish. Pearlfish menggunakan anus teripang sebagai tempat berlindung sekaligus mencari zat-zat makanan berupa kotoran si teripang.

2. Kura-kura Fitzroy
Di Australia juga mempunyai kura-kura unik bernama Fitzroy yang bernapas menggunakan anus. Tidak hanya bernapas, Fitzroy memakai anusnya untuk mengeluarkan kotoran dan bertelur.




Yang membuat ilmwuan penasaran, kura-kura Fitzroy memiliki mulut dan paru-paru sempurna sehingga nyaris tidak alasan untuk berevolusi bernapas dengan anus. Proses pernapasan anus Fitzroy disebut respirasi kloakal.

Ketika Fitzroy bernapas, si kura-kura dengan leher panjang ini akan menyedot air ke dalam anus masuk ke kantung pernapasan bernama 'bursa'. Tidak tanggung-tanggung, 70 persen kebutuhan oksigen Fitzroy dipasok dari udara yang tersimpan di anusnya itu.

Berkat kemampuan bernapas dari pantat ini, Fitzroy dapat menyelam selama 21 hari tanpa butuh keluar dari air. Oleh karena jarang keluar dari air ditambah suka hidup di bagian sungai pedalaman, kura-kura Fitzroy baru ditemukan 40 tahun lalu. Kura-kura ini juga hanya ada di Australia.

3. Capung
Capung tergolong serangga prasejarah karena spesiesnya sudah ada sebelum dinosaurus muncul, sekitar 300 juta tahun yang lalu. Dan dari dulu sampai sekarang, capungn biasanya dengan mudah ditemukan dekat perairan, karena mereka memang bertelur di dalam air. Tentu Anda pernah melihat capung memasukkan ujung ekornya ke dalam air bukan?



Nah, setelah menetas, larva (anakan) capung akan tetap tinggal di dalam air. Untuk bernapas, larva capung memakai sayap-sayap kecil yang ada di ujung pantatnya. Sayap-sayap itu sejatinya adalah insang dan anus.

Proses bernapasnya juga hampir sama dengan teripang, air akan masuk ke dalam anus dan disaring oksigennya. Yang unik, pasca bernapas, larva capung akan menyemburkan air sisa dari anusnya yang bisa dipakai untuk bergerak ke depan dengan cepat. Cara ini juga digunakan untuk menjauh dari musuh. Sekilas mirip mobil-mobil yang menggunakan gas 'NOS' agar bisa melaju dengan cepat.

Sumber : www.merdeka.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Kok Ada Ya Hewan Yang Bernafas Menggunakan Pantatnya, Intip Yuk Hewan Apakah Itu