Semoga Kita Dan Anggota Keluarga Lainnya Terhindar Dari Petaka Yang Satu Ini

Tolong Share -  Narkoba merupakan singkatan dari narkotika dan obat-obatan terlarang. Jika sebelumnya sudah diketahui bila mengonsumsi alkohol bisa meningkatkan resiko kematian sel otak, kini narkoba jenis kokain juga disebut bisa merusak otak. Bahkan, narkoba ini membuat otak memakan dirinya sendiri. Bagaimana bisa?



Ilmuwan di rumah sakit Johns Hopkins di Amerika membuktikan bila konsumsi kokain dosis tinggi membuat otak manusia kanibal. Bahkan, lewat penelitian terhadap tikus, kokain juga menyebabkan keracunan, trauma, dan peningkatan suhu tubuh ekstrim.

Normalnya, otak akan memakan dirinya sendiri, namun hal aksi kanibalisme ini dilakukan pada sel otak yang sudah mati. Proses yang disebut autophagi ini lebih tepat disebut proses pembersihan otak dari sel-sel mati yang sudah menjadi kotoran.

Namun saat otak mengonsumsi kokain, autophagi pada otak tidak terkontrol dan membuat proses ini ikut membuang bagian-bagian penting sel otak seperti mitokondria. Padahal bagian ini memproduksi energi bagi sel untuk hidup. Akhirnya, autophagi justru membuat sel otak bunuh diri.

"Autophagi bekerja layaknya tukang bersih-bersih yang membuang sampah dari otak, tentu proses ini baik. Tetapi, kokain membuat tukang bersih-bersih ini membuang bagian-bagian penting," ujar Dr Prasun Guha, Daily Mail (19/01).


Sumber : www.merdeka.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Semoga Kita Dan Anggota Keluarga Lainnya Terhindar Dari Petaka Yang Satu Ini