Jika Terdesak, Manusia Bisa Mirip Superman Lho


Tolong Share – Manusia merupakan mahluk sempurna yang diciptakan Allah SWT. Memiliki berbagai kekuatan baik yang terlihat maupun yang tidak terlihat. Tidak semua kekuatan yang ada dalam diri manusia dapat muncul. Kekuatan tersebut dapat muncul dalam keadaan tertentu.



Jika manusia berada dalam keadaan tertentu dimana keadaan tersebut mengancam keselamatan dirinya sendir, tanpa disadari, ketika dalam kondisi terdesak seseorang terkadang bisa mengeluarkan kekuatan luar biasa yang tidak bisa di duga sebelumnya. Namun jika dalam kondisi normal, kekuatan tersebut seakan tidak pernah ada. Dengan demikian, orang-orang awam menyebut kekuatan ini sebagai “the power of kepepet.”

Semua manusia di muka bumi ini sebenarnya memiliki kekuatan yang luar biasa. Namun banyak orang yang tidak menyadarinya. Sehingga tidak jarang manusia merasa takjub dengan kemampuannya sendiri, karena tiba-tiba dapat melakukan sesuatu yang jauh dari kemampuannya.

Pada saat terdesak manusia akan mengeluarkan kekuatan yang tersembunyi yang ada dalam dirinya. Contoh kekuatan tersebut dapat terlihat pada kondisi seperti ini :

1. Berlari lebih cepat ketika dikejar ketakutan

Ketika terdesak, maka tubuh akan mengeluarkan dorongan adrenalin yang lebih tinggi sehingga mempercepat detak jantung, paru-paru, melebarkan pembuluh darah dan mengeluarkan nutrisi dalam tubuh yang menyebabkan otot memberikan respon yang lebih cepat.


Misalnya ketika seseorang sedang dikejar oleh anjing, maka orang tersebut akan berlari dengan kekuatan dua kali lebih cepat dari kekuatan normalnya. Bila diingat kembali, maka Anda tentu tidak akan pernah membayangkan bisa berlari secepat itu dalam keadaan normal. 

2. Berani melompat dari ketinggian saat kebakaran

Seseorang yang takut terhadap ketinggian, tentunya tidak akan pernah berani untuk melompat dari tempat yang tinggi dalam kondisi normal. Namun, saat dalam keadaan terdesak maka orang tersebut akan menjadi berani untuk melakukan apa saja demi menyelamatkan dirinya termasuk lompat dari ketinggian. 

Misalnya saat terjadi kebakaran, dan tidak ada lagi jalan keluar selain dengan melompat. Tentunya orang tersebut akan berusaha melakukan7 kali nya meskipun sebenarnya ia takut. 

3. Mampu mengangkat beban berat saat panik

Sebenarnya, setiap orang mampu mengangkat beban hingga 6-7 kali dari berat badannya, namun kebanyakan orang tidak mendorong dirinya terlalu keras untuk melakukan hal tersebut.

Para ahli menyebutkan bahwa adrenalin yang membanjiri sitem tubuh menyebabkan adanya dorongan ekstra ke otot-otot, sehingga memungkinkan seseorang menjadi lebih kuat ketika sedang panik, terdesak, ketakutan atau dalam keadaan tertekan. Bahkan Laurent Korncki pernah mengalami kekuatan ajaib ini saat menolong ayahnya yang terhimpit mobil BMW 525i. Perempuan yang berumur 22 tahun kala itu berhasil mengangkat mobil untuk menarik keluar sang ayah. 


4. Bisa melompati tembok yang lebih tinggi dari tubuh

Bukan hanya keberanian yang berlipat ganda, ketika terdesak kekuatan kaki dan tangan pun bisa meningkat bahkan berkali lipat. Misalnya ketika terpojok saat dikejar hewan menakutkan, tiba-tiba saja Anda bisa melompati tembok yang bahkan jauh lebih tinggi dari tubuh Anda sendiri.



5. Tiba-tiba mendapat gagasan cemerlang di detik-detik terakhir ujian

Pernahkan tiba-tiba Anda menjadi pintar dan mengingat semua rumus-rumus sulit di saat detik-detik terakhir ujian ? Bila jawabannya iya, maka Anda tidak sendirian. Karena kondisi ‘the power of kepepet’ sepertinya juga banyak dialami oleh orang lainnya terutama pelajar atau mahasiswa saat menyelesaikan ujian.


Demikianlah kekuatan tersembunyi manusia saat dalam kondisi terdesak yang tidak pernah kita sadari. Ketika sedang panik dan terdesak, maka secara tidak sadar kita akan memaksa otak agar bekerja lebih keras. Sehingga, kita bisa mendapatkan ide cemerlang atau mengingat hal-hal sulit yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Sumber : www.kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Jika Terdesak, Manusia Bisa Mirip Superman Lho