Tahukah Anda Inilah Manfaat Luar Biasa Rujak Untuk Kesehatan Tubuh!!!

Tolongshareya – Sahabat tolongshare Rujak adalah makanan tradisional yang biasanya terbuat dari campuran berbagai macam sayuran atau buah dan dibubuhi bumbu.



Rujak sendiri umumnya digemari oleh kaum wanita di Indonesia. Dibalik rasa lezat dan pedasnya, ternyata rujak mengandung banyak manfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia sendiri, Rujak ada beberapa jenis dengan kombinasi buah-buahan dan sayur yang berbeda-beda.

Di daerah Jawa Timur ada yang namanya Rujak Uleg yang terdiri dari sayur-sayuran dengan irisan buah Mentimun dengan bumbu sambal petis dan kacang. Kemudian yang lebih terkenal namanya Rujak cingur, kombinasi sayur dan buah-buahan seperti bengkoang, timun, mangga muda dan lain-lain dengan ciri khas tambahan cingur atau irisan moncong Sapi.

Akan tetapi yang lebih umum di kenal di Indonesia ialah Rujak Buah. Buah-buahan yang dipakai antara lain: mangga muda, bengkuang, salak, pepaya yang hampir matang, kedondong, jambu, mentimun, belimbing, dan lain-lain. Tahukah Anda, dari banyaknya kandungan gizi, vitamin dan juga serat dalam rujak buah ini, ternyata mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan diantaranya adalah;

1. Menyehatkan jantung

Cabai yang ada di bumbu rujak bisa mengurangi efek merusak dari kolesterol jahat

2. Mencegah Sariawan

Vitamin C yang ada di rujak buah dapat membantu untuk pencegahan sariawan dan panas dalam.

3. Mempelancar Pencernaan

Serat dan juga vitamin yang terkandung dalam buah baik untuk memperlancar pencernaan tubuh.

4. Menurunkan berat badan

Senyawa utama dalam cabai yang disebut capsaicin mempunyai efek termogenik dan membantu tubuh untuk membakar lebih banyak kalori setelah makanan dimakan.

5. Memperbaiki Mood

Makanan manis, pedas, dan asam bisa meningkatkan produksi hormon yang membuat perasaan menjadi bahagia.

Nah sahabat tolongshare itulah penjelasan mengenai manfaat rujak buah bagi kesehatan anda. Silakan menikmati rujak Anda, tetapi ingat jangan kepedasan dan pastikan buahnya masih segar dan tercuci bersih! Semoga bermanfaat





Sumber:Cerminan.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tahukah Anda Inilah Manfaat Luar Biasa Rujak Untuk Kesehatan Tubuh!!!