Ternyata Bukan Tidak Punya Anak, Orang Mandul Itu........

Tolongshareya – Sahabat tolongshare Mandul kata yang satu ini memang sangat menakutkan bagi pasangan yang berumah tangga . terlebih bagi mereka yang sangat menginginkan datang nya si buah hati.



Sudah menjadi hal yang biasa di lingkungan kita bahwasanya orang mandul ialah orang yang tidak punya anak. Yakni orang yang tidak bisa mengandung sebab adanya penyakit tertentu. Dan seorang lelaki yang mengalami masalah pada sp3rma, hingga tidak bisa membuahi istrinya. Namun, lain halnya menurut Rasulullah Rasulullah Saw pernah bertanya kepada para sahabat, “Menurut kalian, siapakah orang yang mandul itu?” Kami menjawab, “Orang yang tidak punya anak.” Rasulullah Saw bersabda, “Bukan itu yang dimaksud dengan mandul. Tetapi yang dimaksud dengan mandul ialah orang yang tidak dapat memberikan apa-apa kepada anaknya,” (HR. Ahmad dan Muslim).

Imam Nawawi menjelaskan makna hadist tadi, “Kalian menganggap bahwa Raquub ialah orang yang tertimpa musibah dengan kematian anak-anaknya. Padahal syara memandang bahwa Raquub ialah orang yang tidak ditinggal meninggal oleh anaknya sehingga ia tidak mendapatkan pahala bersabar atas musibah meninggalnya anak.”

Maka, orang mandul di sini bukanlah orang yang tidak punya anak. Melainkan, ia memiliki anak dan anak-anaknya masih hidup mendampinginya. Sedang mereka yang tidak punya anak, sebab ditinggal meninggal oleh anak-anaknya itulah yang memperoleh ganjaran dari Allah SWT.

Barangsiapa ditinggal anaknya lalu ia bersabar dan mengharap ganjaran dari Allah, ia akan mendapat ganjaran besar. Sebagaimana yang disampaikan oleh Rasulullah Saw dalam sabdanya, ‘Tiada seorang pun dari golongan kaum Muslimin yang ditinggal mati oleh tiga orang anaknya, yang akan disentuh oleh api neraka, melainkan seperti berlakunya sumpah,’ (HR. Bukhari dan Muslim).

Jadi, orang mandul tidak mendapat kesempatan untuk memperoleh ganjaran sebagaimana tertuang dalam sabda Rasulullah Saw itu. Namun, ia masih bisa memperoleh ganjaran lain melalui mendidik dan mengurus anak-anaknya dengan baik. Mengarahkan anak-anaknya agar mereka tumbuh dengan berkembang sebagai pribadi Muslim sejati, yang taat pada Allah dan Rasul-Nya.

Semoga bermanfaat.




Sumber:Islampos.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Ternyata Bukan Tidak Punya Anak, Orang Mandul Itu........