Cara Mendidik Anak ALA Aa Gym

Tolong Share - Suatu hari Aa Gym dan istri sempat dibuat cemas. Sebabnya, salah seorang anak laki-laki kami yang sudah beranjak remaja tidak pulang tepat waktu seperti biasanya. Padahal saat itu hari sudah malam. Biasanya anak itu selalu meminta izin atau memberitahukan terlebih dulu bila hendak bepergian.
Selidik punya selidik ternyata anak saya itu pergi bersama teman-temannya ke pasar Inpres untuk membeli makanan. Ingin rasanya saya marah. Tapi Aa Gym sadar bahwa marah tidak akan menyelesaikan masalah, malah akan membuat masalah makin rumit.
Untuk Menghadapi anak bermsalah. Ternyata dengan dialog yang dikemas secara santun dan tidak menghakimi, permasalahan bisa diselesaikan dengan baik. Anak mau terbuka, mau mengakui kesalahan, bahkan dengan kesadaran sendiri ia mau mempertanggungjawabkan kesalahannya.
orangtua HARUS BISA BIJAK DAMA MENGHADAPI PERAN-PERAN TERTENTU
Orangtua harus selalu berlaku bijak dalam menyikapi perilaku anak-anak dan harus siap menjalaniperan-peran tertentu yang harus dimainkan orangtua dalam mendidik anaknya.
Fase bayi tidak bisa didekati dengan pola pendidikan untuk usia tiga tahun. Begitupula pola pendidikan untuk anak usai tiga tahun tidak bisa dipakai untuk anak usia lima atau enam tahun. Demikian pula ketika mengadapi anak yang sudah remaja alias ABG. Menghadapi anak yang telah remaja misalnya, orangtua harus bisa memposisikan dirinya sebagai teman.

INILAH EMPAT PRINSIP AA GYM DALAM MENDIDIK ANAK:

1. Orangtuanya harus rajin belajar tentang bagaimana mendidik keluarga.
2. Keteladanan.
3. Memberikan pendidikan yang baik pada anak-anak di sekolah,
4. Mencarikan lingkungan terbaik bagi anak-anak.

TIGA AKHLAK MULIA YANG DIAJARKAN AA GYM PADA ANAK. TIGA AKHLAK ITU DIBALUT DALAM RUMUS 3A : AKU AMAN BAGIMU, AKU MENYENANGKAN BAGIMU, DAN AKU BERMANFAAT BAGIMU.

Pertama, Aku Aman Bagimu. Anak harus dilatih agar tidak merugikan orang lain. Sehebat apapun seorang anak, kalau kehadirannya selalu merugikan orang lain, maka kehebatan tersebut tidak ada artinya.
Kedua, yaitu Aku Menyenangkan Bagimu. Anak harus dilatih agar keberadaannya menyebabkan orang-orang di sekitarnya merasa tenang dengan nyaman.
ketiga adalah Aku Bermanfaat Bagimu. Anak harus diarahkan agar di mana ia ada, maka orang-orang di sekitarnya merasakan manfaat keberadaannya. Jadi, anak harus diarahkan agar ia mampu mencurahkan segala potensi yang dimilikinya untuk memberi manfaat bagi orang lain.

Semoga bisa bermanfaat Agar bisa mendidik anak lebih baik.. 

Baca Juga :Rahasia mendidik dari ustadz Farid Ahmad
                  


sumber : sayangianak.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mendidik Anak ALA Aa Gym