Kabar Gembira Bagi Pecinta Petai

14 Manfaat Petai yang perlu anda ketahui

Buah petai banyak dijauhi karena baunya yang menyengat, bau tersebut dikarenakan biji petai mengandung asam amino yang sangat tinggi yang mengandung unsur sulfur, namun disamping mempunyai bau khas yang sangat menyengat petai juga mempunyai banyak kandung gizi yang sangat bermanfaat.

Berikut beberapa manfaat Buah Petai diantaranya :


 1. Meredakan Depresi 
 Petai dapat meredakan depresi dikarenakan biji petai mengandung zat tryptophan yang berguna untuk  meredakan depresi seseorang, karena efek zat tryptophan diantarany: - membuat tubuh lebih rileks - dapat  memperbaiki mood dan kondisi emosi seseorang - membuat tubuh terasa bahagia

 2. Dapat mengatasi gangguan Pre Menstrual Syndrome
 Pre Menstrual Syndrome biasanya dapat membuat seorang wanita berubah mood dan kondisi emosinya.  Dengan mengkonsumsi petai ini dapat menstabilkan mood, karena petai mengandung zat tryptophan yang dapat memperbaiki mood.

 3. Mengatasi Anemia 
 Petai juga mengandung zat besi yang sangat tinggi oleh karena itu petai dapat mengatasi masalah anemia

 4. Menurunkan tekanan darah tinggi
 Menurut beberpa penelitian ternyata petai dapat menurunkan tekanan darah tinggi.

5. Meningkatkan kemampuan kognitif 
 Bagaimana bisa buah petai meningkatkan kemampuan kognitif ? Ternyata petai mengandung kalium yang  tinggi yang berguna dapat meningkatkan kemampuan kognitif seperti kemampuan mengingat, kemampuan  mengolah rekognisi pola dan kemampuan mempersepsikan melalui indera.

 6. Menghilangkan rasa sesak karena kekenyangan
 Manfaat petai saat dikonsumsi ini memiliki efek antasida, efek ini dapat menghilangkan rasa sesak karena  kekenyangan makan dan banyak minum.

7. Menghilangkan rasa gatal karena gigitan nyamuk
 Tidak hanya biji petai, kulit petai juga mempunyai manfaat yaitu dapat menghilangkan rasa gatal karena  gigitan nyamuk dengan cara ambil kulit petai lalu gosokan bagian dalam kulit petai pada kulit yang digigit  nyamuk.

 8. Mencegah terjadinya kegemukan 
 Selain mengandung serat yang sangat tinggi yang dapat mengikat lemak , petai juga mempunyai cara lain  untuk mencegah terjadinya kegemukan. Menurut penelitian faktor kegemukan adalah faktor stress , depresi  dan tekanan. Dengan petai dapat mengurangi depresi , stress dan tekanan. 

9. Baik untuk kesehatan lambung
 Buah atau biji petai ini ternyata sangat bersahabat dengan lambung manusia. Meskipun dimakan secara  mentah, buah ini tidak menimbulkan efek yang buruk bagi lambung. Karena dapat menetralisir asam  lambung , mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung , mencegah terjadinya infeksi pada lambung.

10. Dapat menurunkan suhu tubuh 
 Manfaat pete dipercaya dapat membantu menurunkan suhu tubuh. Buah atau biji petai ini dikenal dengan  istilah buah dingin, yang akan menurunkan suhu tubuh.

11. Mencegah serangan stroke
 Salah satu penelitian yang diungkapkan oleh The New England Journal of Medicine, dikatakan bahwa  mengkonsumsi pete dapat membantu untuk mengurangi resiko terjadi serangan stroke pada seseorang.

12. Membantu menghilangkan kebiasaan merokok
 Anda ingin mencoba berhenti dari kebiasaan merokok? Ternyata kandungan vitamin B6, vitamin B12,  kalium, dan magnesium yang terkandung di dalam manfaat pete ini dapat membantu dalam menghentikan  kebiasaan merokok. Hal ini juga dapat mempercepat efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh. 

13. Mengandung antioksidan
Buah atau biji petai ini juga merupakan salah satu yang memiliki manfaat antioksidan yang tinggi. Antioksidan yang tinggi ini dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu Meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh , Mencegah tubuh terjangkit berbagai macam penyakit , Baik untuk kesehatan tubuh.

14. Vitamin C yang tinggi 
 Petai mengandung manfaat vitamin C yang cukup tinggi, walaupun memang tidak setinggi jenis buah-buahan  asam, seperti manfaat jeruk dan manfaat apel. Namun demikian kandungan vitamin C yang terkandung pada  pete dapat membantu tubuh mencukupi kebutuhan vitamin C dalam sehari.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Kabar Gembira Bagi Pecinta Petai