Misteri Dibalik Larangan Orangtua Pada Anak2 Keluar Rumah, Saat Menjelang Maghrib

Tolong Share -  Salah satu sholat yang di lakukan saat kondisi bumi berpindah dari siang menjadi malam adalah sholat maghrib.Biasanya orangtua yang mengetahui anaknya yang tengah main saat orang sedang memasuki waktu sholat maghrib.


"Ssst.. Ssst.. dilarang keluar rumah saat maghrib" Ssst Ayo masuk rumah nak, Surup2 nanti ada kolong wewe loh.. mungkin kalimat ini sering Anda dengar ya. Terutama waktu kecil. Waktu menjelang dan saat magrib, seolah sangat anti untuk main apalagi sampai keluar rumah. Ada yang bilang, waktu magrib adalah waktu setan berkeliaran.

Begitu banyak mitos yang berkembang dimasyarakat. Bukannya mencari kebenaran secara ilmiah maupun agama, tetapi pada umumnya orang tua lebih sibuk untuk menakut-nakuti anak-anaknya. Padahal, seiring berkembangnya teknologi, Anak akan semakin kritis. Dari pada berkutat dengan mitos-mitos tersebut, kenapa tidak mulai menjelaskan kepada anak, tentang larangan keluar rumah diwaktu magrib, dengan sudut pandang yang lebih logis?


Secara Islam: Waktu Maghrib Adalah Saat Setan dan Jin Mencari Tempat Berlindung, Bahkan Dikatakan bahwa setan yang satu akan takut pada setan yang lainnya sehingga mereka harus mencari tempat berlindung.

Kadang setan mengganggu anak kecil agar bisa mendapat tempat bernaung, Bahkan dalam popok bayi yang kotor sekalipun. Ini karena popok yang kotor. Dan setan menyukai hal tersebut.

Ada hadits Nabi yang berbunyi:
"Apabila malam mulai gelap atau bila malam telah tiba, tahanlah anak-anak kalian, karena sesungguhnya setan saat itu sedang bertebaran. Apabila telah berlalu sesaat dari waktu maghrib, maka lepaskanlah mereka. Tutuplah pintu rumah dan sebutlah nama Allah dan padamkanlah lampu-lampu kamu dan sebutlah nama Allah dan tutup tempat minum serta tutup pula bejana (tempat makanan) kamu, walaupun kamu hanya sekedar melintangkan sesuatu di atasnya, dan sebutlah nama Allah”." (HR. Bukhari, Abu Dawud, dan Ahmad)

Kemudian, hadist lainnya pun berbunyi:
“Janganlah kalian melepas hewan-hewan ternak dan anak-anak kalian apabila matahari telah tenggelam hingga berlalu fahmah isya karena para setan keluar/berjalan cepat apabila matahari tenggelam sampai berlalu fahmah isya.” (HR. Muslim)

Bagaimana Dengan Penjelasan Ilmiahnya?
Dilarang keluar rumah saat magrib, secara ilmiah pun ada penjelasannya. Saat magrib warna alam berubah menjadi merah, dimana spektrum cahaya ini memiliki resonansi yang sama dengan setan dan jin. Karena itulah, saat ini, setan dan jin memiliki tenaga yang lebih kuat. Sehingga, Anda lebih baik menghindarinya dengan tetap berada didalam rumah.



Sumber : www.kumpulanmisteri.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Misteri Dibalik Larangan Orangtua Pada Anak2 Keluar Rumah, Saat Menjelang Maghrib