Orang Tua Baca Ini!!! Inilah Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak

Tolongshareya – Sahabat tolonghsare setiap orang yang dikarunia oleh Allah anak, maka mereka menginginkan anak-anak mereka dapat tumbuh kembang yang baik dan pintar. Meskipun pintar terkadang dapat dipengaruhi oleh gen serta lingkungannya namun ternyata membuat anak pintar juga dapat dipengaruhi dari faktor makanan yang di konsumsi oleh sang anak. Ternyata makanan merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi kecerdasan anak-anak.



Orang tua mana yang tidak bangga saat mempunyai anak yang berprestasi? Makanan merupakan salah satu kunci utama yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak.  Memang, faktor internal, seperti genetik juga dapat mempengaruhi, namun faktor eksternal seperti : stimulasi, aktivitas serta juga asupan makanan juga sangat berperan penting dapat tingkat kecerdasan otak anak. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, kita wajib selektif memilih makanan yang terbaik untuk anak. Tetapi apakah semudah itu, mengingat saat ini ada banyak jenis makanan yang beredar di masyarakat dan sayangnya kebanyakan produk dikemas secara menarik sehingga anak-anak lebih memilih jajanan tersebut dibandingkan makanan rumahan. Nah, untuk masalah tersebut, orang tua harus pandai menyiasatinya sehingga anak-anak dapat lebih tertarik dengan makanan rumahan, misalnya mengolah bahan yang sehat menjadi aneka cemilan, minuman, pudding, cake dan lainnya. Agar tidak salah memilih jenis makanan, simak  beberapa jenis makanan yang bermanfaat meningkatkan kecerdasan anak, berikut ini :

1. Susu dan Yogurt

Susu dan produk olahannya mengandung protein tinggi dan juga vitamin yang sangat bermanfaat untuk pertumbuhan jaringan otak dan juga enzim. Selain itu, anak-anak juga membutuhkan asupan Vitamin D dalam susu untuk kesehatan tulang, otot dan syarafnya. Anda bisa membuat aneka minuman atau cemilan sehat dengan bahan susu.

2. Ikan salmon

Ikan salmon sangat kaya akan asam lemak omega-3, DHA dan EPA, dimana nutrisi tersebut snagat penting untuk perkembangan fungsi otak anak. Anda bisa menciptakan aneka lauk bergizi dengan bahan ikan salmon, misalnya : nugget, sosis, dan lainnya.

3. Telur

Telur termasuk sumber protein yang harganya cukup terjangkau bagi masyarakat di Negara kita. Selain itu, telur juga mengandung kolin yang sangat penting untuk perkembangan memori otak anak. Sebagai orang tua, Anda bsia menjadikan telur sebagai aneka lauk yang nikmat menggoda, misalnya : omelet sayuran, telur mata sapi, telur dadar,  dan lainnya.

4. Sayuran berwarna

Sayuran berwarna sangat direkomendasikan sebab sangat kaya antioksidan dan juga nutrisi yang membuat sel-sel otak menjadi sehat. Diantara jenis sayuran berwarna, ialah : tomat, labu, wortel, bayam, brokoli, lubi, dan lainnya. Anda bisa membuat aneka jus dan cemilan dari bahan sayuran.

5. Buah-buahan berwarna cerah

Selain sayur, anak-anak juga bisa diberikan aneka jenis buah-buahan berwarna cerah. Sebab dalam buah tersebut terdapat kandungan antioksidan dan juga nutrisi yang mendukung kecerdasan otak anak. Diantara buah-buahan yang bagus untuk otak anak, yakni : blueberry, blackberry, strawberry dan lainnya. Buah berry sangat kaya nutrisi, terutama asam lemak omega-3 yang bagus untuk kecerdasan otak.

6. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan juga termasuk satu jenis makanan yang bermanfaat untuk kecerdasan otak anak. Kacang-kacangan kaya akan protein, karbohidrat kompleks, serat, vitamin dan mineral.

7. Biji-bijian

Biji-bijian mengandung serat alami yang sangat penting untuk membantu mengatur pelepasan glukosa, dimana ini sangat penting untuk otak. Selain itu, kandungan vitamin B dalam biji-bijian juga bisa membantu menjaga sistem saraf agar tetap sehat.

Demikian penjelasan tentang makanan yang baik untuk kecerdasan anak-anak kita semua. Dengan memilih makanan yang tepat, tubuh anak tidak hanya menjadi lebih sehat tetapi kecerdasan otaknya juga akan semakin meningkat. Semoga dengan adanya artikel ini dapat menambah ilmu para orang tua dalam mengasuh anak-anak. Semoga bermanfaat. Silahkan share jika dapat memberikan manfaat di sekeliling kita.



Sumber:Intipslagi


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Orang Tua Baca Ini!!! Inilah Makanan Yang Dapat Mencerdaskan Otak Anak