Inilah 5 Fakta Puasa Yang Mengejutkan

Tolongshareya – Sahabat tolongshare karena ini sedang bulan Ramadhan atau biasa di sebut bulan puasa, ada baiknya kita memberikan informasi, tips, ataupun panduan untuk berbagi, apalagi panduan, trik, atau info tentang puasa.

Puasa ialah salah satu rukun islam, jadi kita sebagai umat Islam sudah sewajibnya melakukan puasa. Maka anda harus membaca fakta-fakta yang mengejutkan seputar puasa ini.  Puasa memang sangat menyehatkan bagi tubuh, namun ada juga orang yang sebaiknya tidak melakukan puasa karena faktor-faktor tertentu. Berikut penjelasan beberapa fakta puasa yang mengejutkan yaitu:


1. Sedang puasa anda boleh mendonorkan darah anda.
Fakta yang pertama mungkin banyak orang yang belum cukup tahu. Banyak orang yang bilang kalau lagi puasa kalau mendonor darah maka akan cepat lemas, pusing, dan lain-lain. Ternyata itu hanya mitos semata, padahal tubuh kita ini mempunyai sekitar 5000 cc - 6000 cc. Namun bila anda mendonor darah, hanya sekitar 300 cc - 500 cc darah saja yang diambil. Sedangkan masih ada sekitar 4500 cc - 5500 cc darah lagi yang berada di tubuh kita. Apakah kita akan merasa lemas atau pusing? Jawabannya ialah tidak. Mengapa tidak? Sebab kita akan merasakan pusing atau lemas bila darah di dalam tubuh kita hanya 50% darah yang terkandung. Maka bila anda memiliki darah sekitar 4500 cc - 5500 cc masih sehat-sehat aja kok. Apalagi mendonor darah ialah salah satu kewajiban kita untuk membantu seseorang.

Disarankan untuk mendonor darah setahun 2 kali atau 6 bulan sekali. Namun, dapat juga 1 bulan sekali asal badan kita dalam keadaan fit dan sehat.


2. Jika tidur setelah sahur maka anda akan merasa ngantuk
Ini  fakta yang kedua ini sering dilakukan oleh orang, mungkin hampir setiap orang di Indonesia tidur setelah melakukan makan sahur dan sholat shubuh. Namun banyak orang yang bertanya mengapa kita akan merasa ngantuk bila tidur setelah sahur. Jawabannya sederhana, sebab saat kita sahur maka kita akan merasakan ngantuk itu normal, namun bila anda tidur setelah sahur atau setelah sholat shubuh maka anda tetap akan merasa ngantuk. Mengapa hal ini terjadi? Sebab jika kita tidur (setelah sahur atau sholat shubuh) maka ada zat yang berkurang di dalam tubuh kita. Dikarenakan kita kekurangan zat tadi, maka itu penyebab kita menjadi ngantuk maupun lemas.


3. Puasa bisa menyebabkan berat badan naik
Puasa bisa membuat berat badan naik? Kok bisa? Bagi anda yang sering melakukan puasa untuk menurunkan berat badan atau menguruskan badan, maka coba lah anda lebih meneliti asupan makan anda, pola hidup, dll.

Namun kenapa puasa dapat menyebabkan badan gemuk? Banyak faktor yang membuat berat badan anda jadi naik padahal sedang puasa.

Faktor pertama ialah kurang tidur, bila anda sedang berpuasa maka anda pastinya sering beribadah, bahkan bisa sampai larut malam, belum lagi ketika paginya langsung harus menyiapkan menu sahur, otomatis anda kurang tidur, faktor itu lah yang menyebabkan berat badan anda menjadi naik.

Faktor kedua ialah pada saat puasa maka nafsu makan menjadi naik, faktor yang kedua pastinya sering anda rasakan saat menjalankan ibadah puasa, sudah pastinya bila kita puasa pasti kita akan menjadi nafsu untuk melahap semua makanan.

Jadi, bila tidak dalam bulan Ramadhan anda berpuasa dengan tujuan adalah untuk menurunkan berat badan atau istilahnya diet mungkin kurang tepat.


4. Olahraga harus dikurangkan ketika sedang berpuasa
Kenapa bila kita sedang berpuasa harus dikurangi? Sebab jika anda puasa volume makan akan berkurang, maka gerak dari usus pun juga ikut akan berkurang, karena pegerakkan dari usus berkurang dapat menyebabkan resiko sembelit atau istilahnya konstipasi, namun bukannya olahraga dapat meningkatkan pergerakkan usus? Sebetulnya bila anda ingin berolahraga saat sedang berpuasa sah-sah saja, namun harus di atur volumenya atau di kurangkan lama berolahraganya.


5. Bagi anda penyakit kencing manis maka tidak di anjurkan untuk berpuasa.
Kenapa bila kita sedang memiliki penyakit kencing manis maka tidak di anjurkan untuk berpuasa? Karena di dalam penyakit kencing manis ada sebuah zat yang tidak boleh kurang, jika kurang akibatnya ialah kematian, fatal sekali bukan?

Memang berpuasa itu adalah kegiatan atau ibadah yang sangat baik dan di cintai oleh Allah Swt. Semoga bermanfaat, diberi kelancaran puasa anda hingga hari kemenangan nanti. Amin.


Sumber:abrarrafi.blogspot.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Inilah 5 Fakta Puasa Yang Mengejutkan