Awas Jangan Mudah Tertipu! Ini 3 Cara Mudah Membedakan Beras Asli dan Beras Sintetis

Tolongshareya – Sahabat tolongshareya jaman serba canggih dan modern tidak sedikit sebagian orang yang berlaku curang untuk meraih keuntungan sebesar-besarnya. Sekarang ini banyak beredar beras plastik atau beras sintetis yang ramai di Indonesia. Kabarnya beras tersebut berasal dari Tiongkok yang di distribusikan dari daerah Taiyuan, Povinsi Shaanxi.



Sehingga kita harus lebih waspada. Dan mampu membedakan ciri-ciri beras plastik dan mengenali perbedaanya. Karena jika hanya dilihat sekilas antara beras asli dan beras plastik ini memang tampak atk ada bedanya. Sehingga bagi mereka yang tidak tahu ciri-ciri tersebut akan mudah tertipu.

Meski begitu, meski sekilas tampak sama, namun tetap terdapat perbedaan antara beras plastik dan beras asli. Padahal jika sampai mengkonsumsi beras sintetis atau beras plastik bisa menimbulkan beberapa efek. Untuk efek jangka pendek dapat mengakibatkan pusing dan mual.

Sedangkan untuk jangka panjang bisa mengakibatkan beberapa efek pada organ dalam manusia. Diantaranya seperti pembengkakan pada lambung, mual. Bahkan bisa menyebabkan susah punya anak pada wanita.

Tak mau tertipu kan?

Nah untuk itu, ada cara mudah membedakan antara beras asli dan beras plastik, seperti dikutip dalam Tabloid Nova.

1. Dengan memegang berasnya

Apakah agak kasar atau licin. Kalau licin, dapat dipastikan beras tersebut merupakan dari bahan sintetis.

2. Lihat dengan saksama berasnya

Apakah beras itu putihnya bening atau sedikit berkeruh. Karena jika beras yang berwarna putih keruh merupakan beras asli yang berasal dari gabah.

3. Perhatikan tumpukan beras itu

Kalau semuanya beras itu utuh tanpa ada patah-patah. Maka bisa dipastikan itu beras palsu atau sudah diproses. Ini semuanya bisa dirasakan dan dilihat secara kasat mata.

Gimana sekarang sudah tau perbedaannya kan? Untuk itu lebih berhati-hatilah dalam memilih beras. Jangan sampai kita dirugikan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Semoga bermanfaat.



Sumber: tribunnews.com

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Awas Jangan Mudah Tertipu! Ini 3 Cara Mudah Membedakan Beras Asli dan Beras Sintetis