Semua Pria Wajib Tau! Ternyata Usia Yang Paling Baik Buat “Menyunat” Itu Bukan Pas “SD”, Tapi Waktu “……” Alasan Dibaliknya Bikin Kamu “Kaget”!!!

Tolongshareya – Sahabat tolongshareya Dalam islam anak laki-laki wajib melakukan khitan atau sun4t. Sun4t untuk anak lelaki sudah menjadi sesuatu yang lazim dilakukan di kalangan masyarakat, bukan karena ajaran agama tertentu, tapi juga untuk kesehatan salah satu 0r9an rep*ro*duksi. Kebanyakan orang tua beranggapan kalau anak sudah di Sekolah Dasar (SD) itu menjadi usia yang pas untuk disun4t.



Tapi ternyata, menurut para ahli sun4t sebaiknya dilakukan saat masih bayi berusia dibawah 6 bulan. Salah satu alasannya untuk mencegah terjadinya penyakit fimosis atau penyempitan pada ujung kulit alat k3l4m1n pria atau p3n15.
Alasan lain, pada usia 0-6  bulan bila terjadi luka tentu akan lebih cepat sembuh dibandingkan usia jelang remaja. Saat berusia di bawah 6 bulan, jumlah pertumbuhan sel mencapai dua kali lipat dibanding lahir sehingga luka akibat sun4t akan lebih cepat sembuh. Faktor trauma psikis juga menjadi salah satu hal yang perlu diperhatikan. Di usia tersebut umumnya anak masih belum memahami apa-apa, berbeda ketika usia SD, saat anak dipaksa maka justru menimbulkan trauma psikis.
“Kalau usia bayi dan belum bisa tengkurap maka semua aktivitas bisa dilakukan terlentang. Risiko cedera maupun lecet pun minim.” Dan menurut data medis, sun4t yang dilakukan pada anak-anak lebih mudah dilakukan karena kulit kulup masih tergolong elastis sehingga memudahkan dokter saat melakukan tindakan.

Semoga bermanfaat.




Sumber: Nova

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :