Meninggal Pada Puasa Ramadan, Orang Seperti Jupe Dijamin Masuk Surga? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Tolongshareya – Sahabat tolongshareya Inna lillahi wa innailaihi rajiun. Dunia hiburan Tanah Air kembali kehilangan sosok artis. Yulia Rachmawati alias Julia Perez (36) menghembuskan nafas terakhir di RS Cipto Mangunkusumo, Jakarta Pusat, Sabtu (10/6/2017).



Kabar meninggalnya Jupe, demikian nama panggilannya, dibenarkan sang adik, Nia Anggia melalui akunnya pada Instagram @anggitheperez.

"Innalilahiwainailahirojiun telah berpulang kakak kami tercinta Julia Perez . Minta doanya ya semua , terimakasih semu atas supportnya selama ini I LOVE YOU YULI," demikian caption foto di atas.

Sahabat tolongshareya jupe yang lahir di Jakarta, 15 Juli 1980 meninggal dunia setelah berpuluh bulan berjuang melawan penyakit kanker serviks yang dideritanya. Tenyata Allah Yang Maha Pencipta memanggil Jupe dalam suasana bulan Ramadan.

Khusnul Khatimah

Lalu, apakah orang yang meninggal dalam bulan Ramadan akan khusnul khatimah? Berikut penjelasan anggota Dewan Pembina Konsultasisyariah.com, Ustadz Ammi Nur Baits. Allah mengajarkan prinsip kepada manusia bahwa sebab mereka masuk surga adalah amal. Seringkali Allah menyebut penjelasan, kalian masuk surga karena amal yang kalian kerjakan.

Di antaranya, firman Allah, "Itulah surga yang diberikan kepada kalian disebabkan amal yang telah kalian kerjakan.” (QS Az Zukhruf: 72)

Allah juga berfirman, “Mereka dipanggil,  'ltulah surga yang diberikan kepadamu, disebabkan apa yang dahulu kamu kerjakan.” (QS Al A’raf 43).

Dan masih banyak ayat yang semisal dengan ini. Karena itu, waktu yang mulia maupun tempat yang mulia, tidak bisa menyebabkan penghuninya jadi mulia.

Dulu Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mempersaudarakan antara Abu Darda dengan Salman al-Farisi Radhiyallahu ‘anhuma. Sehingga keduanya ibarat keluarga dekat.

Imam Malik membawakan riwayat dari Yahya bin Said, bahwa Abu Darda pernah menulis surat kepada Salman, yang isinya meminta Salman untuk pindah dan tinggal di tanah yang disucikan (negeri Syam).
  
Kemudian Salman membalas surat ini dengan mengatakan, “Sesungguhnya tanah suci itu tidak mensucikan siapapun. Yang bisa mensucikan seseorang adalah amalnya.” (al-Muwatha’, Imam Malik, nomor 1464).

Dulu Mekkah dihuni orang musyrikin. Ketika mereka tinggal di sana, bukan berarti mereka menjadi lebih suci. Dan ketika meninggal menjadi husnul khatimah. Yang meninggal pada bulan Ramadan, tidak semuanya orang baik. Ada juga orang jahat yang meninggal di bulan berkah ini. Meskipun demikian, kita tidak menyebut, dia meninggal secara baik.

Meninggal Dalam Kondisi Puasa

Jeda antara meninggal pada bulan Ramadan dengan meninggal ketika sedang puasa. Karena meninggal dalam kondisi sedang beramal saleh, termasuk khusnul khatimah. Termasuk meninggal ketika sedang menjalankan ibadah puasa.

Dari Hudzaifah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullahi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjelaskan tentang orang yang meninggal dalam kondisi beramal, "Siapa yang menyatakan Laa ilaaha illallah ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan ikrar ini, maka dia masuk surga."

"Siapa yang berpuasa dengan ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan puasa ini, maka dia masuk surga."

"Siapa yang sedekah dengan ikhlas mengharap wajah Allah, dan dia akhiri hidupnya dengan sedekah ini, maka dia masuk surga." (HR Ahmad 23324 dan dishahihkan Syuaib al-Arnauth).

Lain Halnya dengan Meninggal pada Hari Jumat

Meninggal pada hari Jumat, memiliki keistimewaan khusus, mengingat adanya jaminan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, tidak akan ditanya di alam kubur.

Dari Abdullah bin Amr bin Ash radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, "Setiap muslim yang meninggal pada hari Jumat atau malam Jumat, maka Allah akan memberikan perlindungan baginya dari fitnah kubur." (HR Ahmad 6739, Turmudzi 1074 dan dihasankan al-Albani).

Sementara kita tidak menjumpai dalil yang menyatakan bahwa meninggal ketika bulan Ramadan, termasuk khusnul khatimah atau mendapat jaminan tertentu.




Sumber:Viral-pediaa

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Meninggal Pada Puasa Ramadan, Orang Seperti Jupe Dijamin Masuk Surga? Berikut Penjelasan Lengkapnya